Minggu, 09 Oktober 2011

TUGAS PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET MINGGU 2


Etika Berinternet

            Di kehidupan sehari-hari, kita mempunyai etika terhadap orang tua, teman-teman, dan orang yang lebih dewasa atau orang-orang yang kita hormati. Begitu pula dengan berinternet, kita mempunyai etika ketika menggunakan internet. Mungkin kita masih ingat kasus Prita Mulyasari yang karena keluhannya tentang pelayanan sebuah rumah sakit akhirnya harus berurusan dengan aparat kepolisian, dan sekaligus mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia hingga bisa mengumpulkan uang lebih dari 1 milyar. Dan disini saya akan mengulas sebuah artikel.
Judul Artikel     :Ajarkan Anak Kita Etika Menggunakan Internet


Etika Dalam ber internet antara lain :
1.      Jangan sekali-kali menghina agama. Ini merupakan masalah yang sangat sensitif, akan tetapi sangat disayangkan karena hal ini banyak beredar di internet.
2.      Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
3.      Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang lain.
4.      Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
5.      Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
6.      Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
7.      Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.

Di atas tadi adalah salah satu etika dalam berinternet. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan internet. Agar tidak ada pihak atau orang lain yang merasa tersinggung atau merasa dirugikan.


NAMA  : NUR PATRIA MUDAYATI
NPM     : 15510140
KELAS : 2PA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar