Senin, 04 Oktober 2010

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tenteng konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1. Ilmu-ilmu sosial (social science)
Ilmi-ilmu social yang bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
2. Ilmu-ilmu alamiah (natural science)
Ilmu-ilmu alamiah yang bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
3. Pengetahuan budaya (the humanities)
pengetahuan budaya yang bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Melihat kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Manusia 
Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lain. Manusia di paandang dari banyak segi. dari ilmu eksakta, manusia dipandang sebagai kumpulan partikel-partikel atom yang membentuk  jaringan-jaringan sistem yang dimiliki manusia (ilmu kimia), manusia merupakan kumpulan daari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika), manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia (biologi). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi), manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi), mahluk yang ingin mempunyai kekuasaan (politik), mahluk yang berbudaya, sering disebut homo-humanus (filsafat).
Kebudayaan
Kebudayaan jika dikaji dari asal kata sansekerta berasal dari kata budhaya yang berarti budi atau akal. dalam bahasa latin, kebudayaan berasal dari kata colere, yang berarti mengolah tanah. jadi, kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai "segala sesuatu yang dapat dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya, atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya didalam lingkungannya". Budaya dapat pula di artikan sebagai himpunan pengalaman yang dipelajari, mengacu pada pola-pola perilaku yang ditularkan secara sosial,yang merupakan kekhususan kelompok sosial tertentu (Keesing, jilid I, 1989; hal 68).
Kebudayaan dengan demikian mencakup segala aspek kehidupan manusia, baik sifatnya material, seperti peralatan-peralatan kerja dan teknologi, maupun yang non-material, seperti nilai kehidupan dan seni-seni tertentu.

NAMA       : NUR PATRIA MUDAYATI
NPM          : 15510140
KELAS      : 1PA01
JURUSAN : PSIKOLOGI
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar